Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU) TERHADAP INDEKS KEPUASAN MAHASISWA INSTITUT BISNIS MUHAMMADIYAH BEKASI
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIKADU) terhadap indeks kepuasan mahasiswa di Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi. Kualitas layanan yang baik pada sistem informasi akademik diharapkan dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan layanan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi. Skala Likert digunakan untuk mengukur respon mahasiswa terhadap kualitas layanan SIKADU, mencakup aspek-aspek seperti kemudahan akses, keandalan, responsivitas, jaminan, dan empati. Dalam konteks pendidikan atau penilaian, skala Likert adalah metode yang digunakan untuk mengukur sikap atau pendapat responden terhadap suatu pernyataan atau pertanyaan. Skala biasanya terdiri dari serangkaian pernyataan atau pertanyaan dengan pilihan jawaban yang menggambarkan tingkat persetujuan atau ketidaksetujuan. Berikut adalah contoh dari skala Likert 5 poin yang sering digunakan: 1) Sangat Tidak Setuju; 2) Tidak Setuju; 3) Netral; 4) Setuju dan 5) Sangat Setuju. Penggunaan skala Likert memungkinkan peneliti untuk mengukur intensitas perasaan atau sikap responden dengan lebih rinci dibandingkan hanya menggunakan jawaban ya atau tidak. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai sejauh mana kualitas layanan SIKADU mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan layanan ke depannya.
Kata kunci: Aplikasi, Analisis, Kepuasan Penggunaan, Survei, Skala Likert
Tidak tersedia versi lain