Text
POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM MEMPERBAIKI KOMUNIKASI VERBAL PELA.JAR SD KELAS V
Penelitian ini bertujuan untuk meuganalisis pola komunikasi yang diterapkan oleh pendidik dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi verbal pada pclajar SD kelas V di Yayasan Mu'thi Jaya lndonesia, Tambun-Bckasi. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi komunikasi yang efektif serta dampaknya terhadap kemampuan verbal pelajar. Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses pcmbclajaran, wawancara dcngan pcndidik, pelajar, orangtua pelajar dan ketua yayasan, sena analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pcnerapan pola komunikasi yang terstruktur dan beragam, tennasuk penggunaan bahasa yang jelas, intonasi yang sesuai, dan feedback yang konstruktif, berkontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi verbal siswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan komunikasi yang efektif dalam proses pendidikan untuk mendukung perkembangan verbal siswa dan memberikan rekomendasi bagi praktik komunikasi pendidik di kelas.
Kata Kunci: Pola komunikasi, Komunikasi pendidik, Komunikasi Verbal, Kualitatif, Siswa SD kelas V.
Tidak tersedia versi lain