Text
KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI METODE EFEKTIF PENGAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISEKOLAH ALAM DEPOK
Komunikasi visual merupakan suatu rangkaian penyajian infonnasi dan pesan kepada pihak lain menggunakan media berlandaskan penglihatan kita yang dapat dimengerti. Dari pendapat diatas bisa mengambil contob seperti rambu lalu lintas atau penanda ikon yang ada pada toilet pria dan wanita, hal tersebut sudah tergolong dalam bentuk komunikasi visual tennasuk rambu-rambu lalu lintas dan hal-hal lainnya yang berupa visualisasi yang dipakai untuk menyampaikan suatu arti, makna, dan pesan. Bentuk komunikasi visual bisa bersifat eksklusif (memakai bahasa isyarat) dan menggunakan media mediator yg lazim disebut Media Komunikasi Visual. Dikarenakan diagnosa yang berbeda-beda pada Anak Berkebutuban Khusus, maka dari itu komunikasi yang paling efektif di sekloah alam dalam proses belajar dan mengajar ialah bahasa isyarat. Oleh karena itu sekolah alam hams di lengkapi dengan fasilitas penunjang yang sangat ramah dalam pembelajaran melalui visual dan para pengajar juga diwajibkan bisa menggunakan bahasa isyarat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Visual Belajar Mengajar Anak Berkebutuban Kbusus di Sekolah Alam Depok dan mengetahui hambatan pada pola komunikasi yang dilakukan oleh para pengajar. Metode penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri daripengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Teknik keabsaban data yang digunakan terdiri dari ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Kata Kunci : ABK, Komunikasi Visual, Belajar Mengajar, Pola lnteraksi,Guru
Tidak tersedia versi lain