Text
PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI ANAK
Setiap orang di dunia ini memiliki karakter yang berbeda-beda, tidak ada yang benar-benar sama, bahkan bagi anak kembar sekalipun. Karena pada dasamya dalam menjalankan kehidupannya setiap manusia memiliki cara menyesuaikan hidup dan mengatasi masalahnya sendiri. Seiring bertambahnya usia, karakter anak- anak pun semakin terlihat. Apalagi di zaman modem seperti saat ini, yang dimana teknologi berkembang dengan sangat pesatnya membuat anak-anak tidak bisa lepas dari ponsel, dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain ponsel, daripada bersosialisasi atau berkomunikasi langsung dengan sekitamya. Tentu saja dari segi psikologis secara tidak sadar akan mempengaruhi hubungan dengan orang lain dan akan menumbuhkan rasa minder, lebih pasif, tertutup, dan kurangnya rasa sosial dan peduli terhadap sekitar. Sebab dalam menjalin hubungan atau berkomunikasi, nilai rasa sangatlah penting. Melihat hal tersebut tentunya guru dan orang tua hams lebih mengkomunikasikan dan bekerjasama dalam membentuk karakter percaya diri pada anak agar anak dapat lebih percaya diri, aktif, terbuka, dan mempunyai rasa sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal guru terhadap orang tua dalam pembentukan sikap percaya diri anak di Paud Humus Kota Bekasi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi interpersonal guru terhadap orang tua dalam pembentukan sikap percaya diri anak di Paud Humus Kota Bekasi? Peneliti menggunakan metode deskriptifkualitatifkarena hanya ingin menggambarkan dan mendeskripsikan.
Kata Kunci : Komunikasi, Karakter, Percaya Diri, Guru, Orang Tua, Anak, Kualitatif
Tidak tersedia versi lain