Text
PENGGUNAAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) KOPI KALEAN KEBONJATI CIBITUNG DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PELANGGAN
Wilayah Cibitung merupakan daerah yang sudah cukup padat mayoritas banyak yang
membuka usaha ataupun bisnis serupa. Dengan begitu memerlukan sebuah tcknik pemasaran yang memiliki strategi pemasaran yang efektif. Peran IMC sebagai
strategi pemasaran dalarn menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan jelas melalui berbagai kegiatan pemasaran yang digabungkan media komunikasi schingga membantu mempertahankan penjualan dan minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan IMC untuk meningkatkan minat beli pelanggan pada Kopi Kalean Kebonjati Cibitung. Pada penelitian ini menggunakna teori IMC dan didukung dengan konscp minat beli dari AIDAS. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil peneliatian ini menujukan bahwa penggunaan IMC sebagai strategi komunikasi pemasaran Kopi Kalean Kebonjati Cibitung membantu dalam pengembangan usahanya. Dengan menerapkan delapan model IMC yang digunakan di antaranya adalah advertising, salespromotion,public relation,program online dansosial media, event and experiences. Konsep minat beli dari AIDAS dengan beberapa tahapan yaitu attention, interest, desire, action dan satisfaction digunakan peneliti memberikan hasil pada penelitian bahwa terjadinya minat beli melalui beberapa tahapan hingga pelanggan minal untuk melakukan pembelian. Namun, masih memiliki kekurangan dari cara penerapannya sebagian teknik pemasaran masih dalam on progress dan diperlukan evaluasi kembali yaitu direct marketing, personal selling danmobile marketing.
Kata Kunci: Coffee Shop, Strategi Pemasaran, Komunikasi Marketing,
Integrated Marketing Communication (IMC), Minat Deli, Pelanggan
Tidak tersedia versi lain