Text
PERAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA KOREA PENGGUNANYA
Penelitian ini berjudul "Peran Media Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Korea Penggunanya (Studi pada Grup Chat Belajar Bahasa Indonesia dan Korea di Aplikasi Hello Talk)". Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran media dalam meningkatkan kompetensi bahasa Korea penggunanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran media dalam meningkatkan kompetensi bahasa Korea penggunanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori new media/media baru dan didukung oleh konsep teori CMC (Computer Mediated Communication). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma post positivism. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yang berasal dari berbagai macam narasumber dan triangulasi teknik yang memasukkan unsur wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini disimpulkan peran media berdasarkan dua teori new media menghasilkan He/JoTalk memiliki fitur yang menghubungkan pengguna dengan penutur asing/natfre speaker, aksesibilitas pengguna terhadap fitur VIP dan non VIP, aplikasi dengan interaksi dua arah, sebagai media pembelajaran, menambah pertemanan, dan sumber penghasilan, pengguna dapat membuat dan membagikan konten sesuai keinginan melalui fitur yang tersedia. Peran media berdasarkan CMC menghasilkan HelloTalk dapat digunakan dimanapun dan kapanpun secara online. daya jangkau/akses infonnasi mengenai bahasa Korea dari berbagai macam sumber, sumber kuantitas informasi bahasa Korea yang bervariasi, keefektifan memperoleh informasi diperoleh melalui intensitas penggunaan aplikasi untuk belajar bahasa Korea, kesesuaian informasi bahasa Korea di dalarn HelloTalkdapat diperoleh melaui fitur yang tersedia, motivasi pembelajaran pengguna dalarn pembelajaran bahasa Korea.
Kata Kunci: Peran Media, Kompetensi, Bahasa Korea, Aplikasi Hello'Iotk,
Media Baru, CMC (ComputerMediated Communication),
Tidak tersedia versi lain