Text
PENGARUH AKUN INSTAGRAM @SEPUTAR_ZEROBASEONE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGGEMAR PADA KOMUNITAS ZEROSE
Penggemar mencari infonnasi tentang idola mcrcka termasuk orang yang mcmiliki kcbutuhan infonnasi agar terpcnuhi. Grup K-Pop Korea Selatan zerobaseone, yang sering dikenal scbagai ZB I di bentuk pada awal tahun 2023. Untuk mengetahui semua aktivitas mereka di lnstagram pcnggemar mengikuti akun @scputar _zerobaseonc. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan seberapa besar akun Instagrarn
@scputar_zcrobasconc berkontribusi dalam mcmcnuhi kcbutuhan infonnasi para pcngikut dalam komunitas zcrosc, Pcncliti mcnggunakan stratcgi pcngambilan sampel purposif dan non-probabilitas scrta mctodc kuantitatif untuk rncngumpulkan data. Pcneliti juga rncnggunakan kucsioncr scbugai ulat pcnclitian dan mcmilih 99 rcspondcn dari pengikut akun lnstagrnm @scputar_zcrobaseonc. Pcneliti menggunakan tcori Chris Heuer yang terdapat dalam buku Engage (Solis, 20 I 0:263) yang mcnyatakan bahwa penggunaan media sosial mclibatkan empat clemcn, yaitu konteks, komunikasi, kcrja sarna, dan koneksi. Semen tam itu, tcori kebutuhan infonnasi Guha ( 1978) menyatakan bahwa ada crnpat cam untuk mcmcnuhi kcbutuhan infonnasi, yaitu kcbutuhan informasi muktahir
(current need approach), kebutuhan informasi rutin teveryday need approach),
kebutuhan infonnasi mcndalam (exhaust need approach), kcbutuhan informasi sekilas
(catching-up need approacln. Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa uji-t akun lnstagrarn
@scpular_zcrobaseone (X) berpengaruh terhadap pemenuhan kcbutuhan informasi (Y) karenu nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,000 1,660), dan pcngaruhnya scbesar 77,3% dari nilai R Square. Dapat dsimpulkan bahwa akun Instagrarn @scputar_zcrobasconc mcmpunyai pcngaruh sebesar 77,3% terhadap pemenuhan kcbutuhan informasi penggemar pada komunitas zerose atau HO ditolak dan HI diterirna.
Kata Kunci: New Media, Media Sosial, Instagram, @seputar_zcrobac;conc, Pemenuhan
Kebutuhan lnformasi
Tidak tersedia versi lain