Text
PROSES EVALUASI KOMUNIKASI PADA PROGRAM KREASI DIRI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
Dewasa ini ditemukan banyaknya kasus kckcrasan yang dilakukan individu, ha! ini mcnjadi barometer mundumya karaktcr positif, buruknya dunia pendidikan terjadi bukan hanya karena nilai akadernik siswa yang buruk, namun juga terjadi karena moral sis wan ya hancur. Latar belakang keluarga dan Jingkungan juga tidak bisa dikesampingkan, tak scdikit orangtua yang mclcpas tanggung jawab anaknya kcpada sckolah bcgitu saja. Escnsi dari pendidikan karakter adalah sebagai suatu usaha rnenanamkan habit yang baik pada siswa sehingga mampu bersikap dan berperilaku berdasarkan pada nilai-nilai kebaikan. Pcndidikan karakter tcntunya barus sclalu diajarkan, ditanarnkan, dilatih dan dicontohkan secara konsisten agar kemudian mcnjadi karaktcr baik bagi siswa. Pcnclitian ini bcrtujuan untuk mengetahui proses evaluasi komunikasi pada program KREASI DIRI sebagai upaya dalam pembentukan karakter siswa pada kelas IX SMPIT Mutiara Hikmah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi komunikasi didukung oleh konsep karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma post postivism. Pcmeriksaan kcabsahan data mcnggunakan triangulasi sumbcr yang bcrasal dari berbagai macam narasurnber dan triangulasi teknik yang memasukkan unsur wawancara, dokumentasi dan obscrvasi. Hasil pcnclitian ini mcnyimpulkan pcmbcntukan karaktcr siswa pada program K.REASI DIRI di SMPIT Mutiara Hikmah dapat diketahui tingkat keberhasilan, tingkat kegagalan dan kcscsuaian prograrnnya melalui evaluasi komunikasi yang dilakukan sesuai dengan indikatomya.
Kata Kunci: Evaluasi Komunikasi, Program Kreasi Diri, Pembentukan Karakter, Karakter, Siswa, Pendidikan Karakter
Tidak tersedia versi lain