Text
PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEFASIBAN SJSWA BERBAHASA INGGRIS
Penelitian ini berrujuan untuk mengciahui bagairnanu cara meningkatkan kefasihan siswa berbahasa lnggris melalui penerapan rnciodc komunikasi efektif. strutcgi pcnyarnpaian rnatcri. dan motivasi parti ipasi aktif dalam pcrnbclajaran Bahasa inggris yang di lakukun di Engli h First Grand Wisata Bckasi, Pola komunikasi yang di gunakan dalam pcnclitian ini adalah pcndekatan kualitatif dengan jcni studi lapangnn. Tcknik pengurnpulan data mcnggunakan Teknik observasi. wawancara, dan dokumcntasi dan Tcknik analisis darn yang di gunakan dalarn penclitian ini adalah pcngumpulan data. rcduksi data. pcnyajian data dan pcnarikan kesimpulan, Berdasarkan hasil pcnclitian, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi pcngajar di EF Grand Wi ·ata mcmainkan peran penting dalarn mcningkatkan kcfasihan bcrbahasa Inggris si wa dari scgi komunikasi interpersonal dan kognitiv. Pola komunikasi yang positif dan interpersonal antara pcngajar dan siswa, yang rncncakup sikap tcrbuka, dukungan berkelanjutan, dan umpan batik konstruktif, tclah tcrbukii cfektif dalarn mcningkatkan motivasi dan kctcrlibatan siswa dalam proses bclajar.
Selain iru, penggunaan pola komunikasi yang mcndukung pcncrupan pcngctahuan bahasa Inggris dalam konieks nyata. scperti aktivitas berbicara, mcnulis, dan prcscntasi. mcmbantu siswa dalam mcngaplikasikan kosakata dan tata bahasa yang telah dipclajari secara praktis. Evaluasi berkala dan analisis perkcmbangan individu mcmungkinkan guru uniuk mcnycsuaikan mctodc pcngajaran scsuai dengan kebutuhan spcsifik setiap siswa, schingga proses pcrnbelajaran tetap rclcvan dan cfcktif. Lingkungan bclajar yang kondusif dan ramah, yang dipromosikan melalui pola komunikasi yang mendukung, juga berpcran pcnting dalarn mcndorong krcativitas dan kepercayaan diri siswa.
Katakunci: komunikasi interpersonal, Pengajar, kefasihan berbahasa lnggris
Tidak tersedia versi lain