Text
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menilai pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-
2022. Populasi yang digunakan untuk analisis ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam subsektor makanan dan
minuman dari tahun 2020-2022. Sampel yang dipilih melalui metode purposive sampling dari total perusahaan 42 yang digunakan penelitian ini mencapai 126
data pengamatan selama periode pengamatan 3 tahun. Analisis menggunakan metode regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 25. Hasil
penelitian menunjukan bahwa secara individu (parsial) profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Seara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengumpulan data kinerja keuangan perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dapat disimpulkan bahwa profitabilitas yang diukur dengan Return on
Equity (ROE) dan likuiditas yang diukur dengan menggunakan Cash Ratio (CR), yang secara parsial profitaibilitas memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena hasil uji t variabel profitabilitas < 0,05, sementara secara parsial likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan dan secara simultan profitabilitas dan likuiditas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022, hal ini dibuktikan dari hasil R-Square sebesar 0,466 atau
46,6% dan uji F yang memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Profitabilitas, Likuiditas dan Nilai Perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain