Text
PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PEMILIHAN PRODUK DAN JASA PADA BANK SYARIAH INDONESIA DAN BANK MEGA SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi)
ABSTRAK
Meskipun keuangan syariah di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, kurangnya pengetahuan literasi keuangan syariah membuat potensinya menjadi kurang optimal. Literasi berasal dari bahasa latin yaitu Litera yang berarti huruf atau sering diartikan sebagai keaksaraan. Jika dilihat dari makna hurufmempunyai arti kemampuan seseorang dalam membaca clan menulis. Literasi juga bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengolah clan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi keuangan juga mempunyai katitannya dengan pengelolaan keuangan yang baik, dimana semakin tinggi literasi keuangan seseorang maka semakin baik pula pengelolaan keuangan seseorang tersebut. Metode Penelitian pada skrispi ini yang berjudul "Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pemilihan Produk clan Jasa Pada Bank Syariah Indonesia clan Bank Mega Syariah" menggunakan metode Kuantitatif, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan disain penelitiannya. Peneliti disini membuat dan mengolah data yang sudah diteliti kemudian diolah data tersebut menggunakan beberapa macam uji sesuai ketentuan dari data responden basil dari penelitian Diantaranya. Demografi responden yang menunjukanjumlah responden yang terbagijumlah laki laki danjumlah perempuan Uji Validitas Uji Reliabilitas Uji Nonnalitas Data Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan yang sudah diperoleh, maka dapat ditarik kesimpulan berdasarkan rumusan masalah yaitu Literasi Keuangan Syariah berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman produk perbankan syariah pada mahasiswa Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi.
Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah. Pemilihan Produk Syariah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain