Text
ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI DALAM BERBELANJA ONLINE PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam IBM Bekasi)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam IBM Bekasi, faktor-faktor yang memengaruhinya, dan perspektif ekonomi Islam terhadap perilaku tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan lapangan yang berkaitan langsung dengan subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa indikator seperti penawaran diskon, memerhatikan penampilan, dan mencoba dua produk serupa dengan merek yang berbeda berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi dalam belanja online. Faktor budaya dan psikologis seperti kebiasaan belanja online dan pengalaman belanja yang positif juga mendorong perilaku konsumtif tersebut. Menurut perspektif ekonomi Islam, perilaku konsumtif ini dianggap sebagai bentuk israf yaitu ber]ebih-lebihan dalam membelanjakan harta untuk komoditi halal. Ini dilarang dalam ajaran Islam karena tidak sesuai dengan prinsip kesederhanaan dan tanggung jawab finansial yang sesuai Al-Qur'an dan Hadits. Islam mengajarkan untuk mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, konsumsi harus dilakukan secara seimbang, tidak berlebihan, dan tidak pula terlalu sedikit.
Kata kunci: Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Ekonomi Islam
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain