Text
PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MURID DI TAMAN KANAK-KANAK LITTLE AVERY
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peranan komunikasi interpersonal guru terhadap rnotivasi belajar murid di tarnan kanak kanak Little Avery. Penelitian ini rncnggunakan jcnis pcnclitian kualitatif dcngan pcndckatan dcskriptif kualitatif, yakni Pcnclitian dcskriptif mcrupakan pcnclitian yang dilakukan uotuk mcnggambarkan subjck, siruasi, pcrilaku ataupun fcnomcna, di mana digunakan unruk menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, kapan, di mana, dan bagairnana yang terkait dengan ma.saJah pcnclitian. Selain iru, Pemeriksaan kcabsahan data menggunakan triangulasi sumbcr yang berasal dari berbagai macam narasurnber dan triangulasi teknik yang memasukkan unsur wawancara, dokumcntasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, pcnyajian data, clan pcnarikan kesimpulan yang dilakukan pada saat pcngumpulan data berlangsung. Hasil pcnclitian adalah: komunikasi interpersonal guru untuk mcmotivasi bclajar siswa mcnunjukkan aspck: (a) kcterbukaan, (b) crnpati, (c) sikap mendukung, (d) sikap positif, serta (e) kesetaraan. Motivasi bclajar murid terbukti dengan adanya : (a) penghargaan dalam belajar (b) lingkungan yang kondusif (c) kegiatan yang menarik (d) ketertarikan dalam bclajar (e) kebutuhan belajar ff) rasa ingin tau yang tinggi
Kala Kunci : Pendidikan, Komunikasi Interpersonal, motivasi Belajar, Guru, Murid Taman Kanak-Kanak
Tidak tersedia versi lain