Text
IMPLEMENTASI ETIKA KOMUNIKASI ASOSIASI INSTALASI GAS MEDIK INDONESIA (AIGMI) DALAM MEMBANGUN INTEGRJTAS ANGGOTA
Asosiasi lnstalasi Gas Mcdik Indonesia (AIGMI) yang merupakan wadah komunikasi antara pelaku industri iastalasi gas medik dan alat-alat kesehatan di Indonesia, juga sebagai Lembaga Sertifikasi IGVM tcrakrcditasi olch Komitc Akrcditasi Nasional (KAN) masih mcmiliki kcndala dalam kornunikasi di antara anggotanya. Olch karena iru, AJGMI mcncrapkan etika komunikasi bcrupa aruran-aturan tidak tertulis dan yang tertulis, berupa pakta integritas, kode etik dan AD/ART. Pcnclitian ini bcrtujuan unruk mcngctahui implcrncntasi ctika komunikasi AIGMI dalam membangun intcgritas anggota. Dcngan mcnggunakan paradigma post-positivismc, pcnclitian ini mcnggunakan mctodc dcskriptif kualitatif dengan melibatkan proses wawancara, observasi, dan studi pustaka dalam tcknik pcngumpulan datanya. Bcrdasarkan hasil analisis pcnclitian ini menunjukkan bahwa etika komunikasi telah diterapkan di AIGMI dengan mengacu kcpada prinsip-prinsip ctika komunikasi yang dirumuskan olch ahli crika komunikasi. Sclain itu, dari ctika komunikasi yang ditcrapkan, pcncliti mcnyimpulkan bahwa ada implikasi positif tcrhadap intcgritas anggota di AIGMI.
Kata kunci: Etika Komunikasi, Prinsip Etika Komuaikasi, Perspcktif Etika,
Intcgritas, Asosiasi
Tidak tersedia versi lain