Text
ANALISIS STRATEGI MARKETING DAN DIFERENSIASI PROGRAM PENGHIM PUNAN ZAKAT PADA LAZ GEMA INDONESIA SEJAHTERA PERIODE 2020-2022 SYARIAH GOLD CARD DI CIMB NIAGA SYARIAH
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis strategi marketing dan diferensiasi penghimpunan zakat pada LAZGIS Bekasi, Jawa Barat. Data keuangan menunjukkan penghimpunan zakat tahun 2020 sebesar Rp. 21.021.895.415,00, tahun 2021 sebesar Rp. 25.310.855.575,00, dan tahun 2022 sebesar Rp.
19.434.932.895,00. LAZGIS perlu strategi marketing aclaptif di era digital untuk
meningkatkan kesadaran masyarakat tentang zakat sesuai dengan peraturan pemerintah No 23 tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi, magang, dan dokumentasi. Subjek penelitian termasuk CEO, Direktur Fundraising, serta staf administrasi dan keuangan, dengan objek penelitian strategi marketing LAZGIS. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, clan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi dilakukan berdasarkan aspek geografis, demografis, psikografis, perilaku, clan individual. Targeting mengidentifikasi pasar potensial seperti lembaga, pengusaha, dan siswa. Positioning dilakukan melalui komunikasi, partisipasi langsung, clan program di website lembaga.
Kata kunci : Strategi Penghimpunan Dana Zakat
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain