Text
PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENGAMATI KASUS BULLYING
Sering kali kita mendengar kasus bullying. Mulai dari anak sekolah kuliah, antar sekolah hingga tempat kerja atau kantor. Kasus tersebut muncul karena pengaruh lingkungan, keluarga, dan sosial media. Kita tidak menyadarijika seseorang terluka karena bullying. Kondisi fisik, psikis, sosial, dari ekonomi, agama, budaya, ras dan jenis kelamin merupakan beberapa faktor yang memicu terjadinya bullying. Bullying merupakan penghambat terbesar bagi anak untuk mengaktualisasikan diri. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan dan koordinasi dari berbagai pihak seperti orang tua, guru dan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui darnpak dari bullying dalam lingkungan sekolah dan mengetahui peran komunikasi interpersonal guru dalam menyikapi kasus bullying. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif-Kualitatif untuk mengumpulkan data. Pendekatan yang dilakukan studi kasus dengan wawancara mendalam dengan kepala sekolah sebagai key irforman, guru sebagai infonnan dan observasi di Sekolah.
Kata Kunci: Bullying,Komunikasi lnterpersonal, Guru, Siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain