Text
PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR
Persaingan rumah sakit sangat ketat ditandai dengan bennunculannya rumah sakit yang barn dan menawarkan fasilitis terbaik dan harga lebih terjangkau.Oleh karena itu diperlukan peran komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan pasien. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan suatu rangkaian aktivitas sepert periklanan (Advertising, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, promosi penjualan (Sales Promotion), penjualan personal. (Personal Selling). (Kotler dan Amstrong 2008:116). Pemasaran adalah suatu kegiatan perekonomian yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Pada penelitian ini paradigma yang digunakan adalah paradigm post-positivisme. Pada penelitian post-positivisme, peneliti terjun langsung dalam penelitian agar realita dapat diperoleh secara benar. Peneliti juga melengkapi dengan metode triangulasi. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi yang beralamat di Jl. Mawar Merah Raya Kelurahan Pondok Kopi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur (14360). Pada penelitian ini peneliti menggunakan 5 orang narasumber sebagai informan, dari basil wawancara 5 narasumber mengenai peran pemasaran yang ada pada Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi menghasilkan adanya peningkatan kepercayaan pasien dirumah sakit, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kunjungan pasien pada bulan Juni 2022 sebanyak 3.425 orang pasien atau lebih banyak 576 pasien dari bulan sebelumnya. Dengan demikian Fungsi dan tugas pemasaran Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi sudah cukup baik dalam membantu meningkatkan citra rumah sakit dimasyarkat umum.
Kata Kunci : Pemasaran, Periklanan, Promosi, Rumah Sakit, Kepercayaan pasien
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain