Text
KOMUNIKASI PERSUASIF MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA SEMINAR
Komunikasi yang berhasil adalah komunikasi yang mampu mengubah baik sikap maupun tindakan seseorang secara sukarela, yaitu dengan menggunakan komunikasi persuasif Komunikasi Persuasif adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara persuasi yang di dalamnya mengandung imbauan atau ajakan. Peneliti melaksanakan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptis kualitatif, karena metode ini dilak.ukan untuk mengetahui suatu keadaan dengan mendeskripsikanya seakurat mungkin berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan paradigma yang dipak.ai oleh peneliti yaitu paradigma konstruktivis dengan mengkaji serta menjelaskan kejadian ataupun peristiwa sosial secara mendalam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi persuasif yang dilakukan oleh mabasiswa KKN Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi dalam meningkatkan minat peserta seminar pra kerja di Desa Muktiwari, Cibitung dan untuk mengetahui minat dan motivasi kerja peserta seminar pra kerja. Merujuk kepada data yang didapat oleh peneliti dari observasi dan wawancara mendalam maka dapat ditarik hasil yaitu komunikasi persuasif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN selaku panitia seminar Pra-Kerja berhasil dengan bulcti bahwa dapat mengubah perilaku, sikap ataupun tindakan dari peserta seminar secara sukarela tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.
Kata kunci: komunikasi persuasif, minat, motivasi, perubahan sikap
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain