Text
KOMUNIKASI ORGANISASI SUPORTER AREMANIA LUMAJANG DALAM MEMBINA SIKAP FANATISME POSITIF ANGGOT
Komunikasi adalah proses pertukaran dan penyampaian pesan, yang dilakukan komunikator (pembawa pesan) kepada komunikan (penerima pesan). Arti lainya dari komunikasi adalah membuat sama. Artinya manusia dalam proses berinteraksi dengan lingkunganya untuk membuat tujuan yang sama, atas pesan yang disampaikanya. Komunikasi organisasi adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh satu individu kepada individu lainya, yang ada dalam organisasi formal maupun informal. Secara internal maupun ekstemal, dengan menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal.
Aremania Lumajang adalah pendukung tim sepakbola Arema FC, yang
berasal dari Kota dan Kabupaten Lumajang .Jawa Timur. Aremania Lumajang didirikan pada tahun 2008-2009, oleh sekelompok pelajar asal Lumajang. yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu menjadikan Aremania Lumajang sebagai kelompok suporter yang loyalitas, totalitas, dan dewasa dalam mendukung tim AremaFC.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi organisasi
apa yang digunak:an oleh supoter Aremania Lumajang dalam membina sikap fanatisme positif anggota, dan bentuk fanatisme positif apa saja yang dilakukan Aremania Lumajang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan posisi variabel yang diteliti, dan hubungan antara variabel satu dengan variabel lainya. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi literatur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi organisasi memiliki
peranan penting dalam membina sikap fanatisme positif anggota suporter
Aremania Lumajang.
Kata Kunci, Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Fanatisme, Suporter, Aremania
Lumajang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain